Wednesday, July 2, 2014

SURGA BAWAH LAUT WAKATOBI

Assalamu alaikum, Gans

Gak ada lomba yang gak ane ikutin, melihat PKS bikin lomba lagi (lagi) ane pun kembali ikutan (lagi). kalo gak menang, yah paling gak, ikutan eksis lah, sambil promoin kampung halaman (ortu) ane.. Itulah WAKATOBI

WAKATOBI adalah sebuah KEPULAUAN yang berada di propinsi sulawesi tenggara (Sul-Tra) dan merupakan salah satu bagian dari daerah Buton. WAKATOBI terkenal sebagai salah satu tujuan wisata menarik diIndonesia khususnya dari aspek wisata bahari. Kalo agan liat atlas/map/peta, posisi WAKATOBI itu ada dibagian bawah propinsi sultra, berada diatas laut banda



Nama WAKATOBI adalah singkatan dari nama pulau-pulau besar yang berada disana, yakni Wangi-wangi (ane/penduduk setempat, menyebutnya Wanci, pulau utama di WAKATOBI), Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pada zaman dahulu sebelum dikenal sebagai destinasi wisata, WAKATOBI terkenal sebagai tempat para pandai besi berasal. Parang & Pisau yang dibuat oleh pengrajin WAKATOBI terkenal kuat,tajam dan tahan karat. Itulah mengapa WAKATOBI itu juga punya nama lain, yakni kepulauan tukang besi.

WAKATOBI dapat diakses langsung melalui jalur laut dan udara (no darat), namun di artikel ini ane hanya mau jelasin dari jalur laut kendari-WAKATOBI (pertimbangannya, karena hanya jalur ini yang pernah ane lalui). Jadi, agan harus berada di kendari dulu (ke kendari gampang kok, tinggal naik pesawat, biaya dan lama perjalanan tergantung posisi agan2)

kalo agan sudah berada dikendari, agan tinggal hubungi aja walikotakendarijr dan vegapunk biar langsung diantar ke pelabuhan (hehe bcanda kok), agan bisa langsung pergi ke pelabuhan (namanya pelabuhan kapal Wanci) menggunakan taksi atau mobil pete-pete/angkot (saran untuk lebih murah pake pete-pete),


setelah sampai dipelabuhan agan naik deh tuh kapal, tiket bisa dibayar dipelabuhan kok, bahkan bisa jg diatas kapal (tiket kapal berkisar 100-300 ribu tergantung dari kapal dan kelas). Perjalanan menuju WAKATOBI sekitar 10-12 jam (namun jangan takut, selama perjalanan agan akan dimanjakan dengan pemandangan pulau-pulau lain, bahkan kalo beruntung agan bisa liat ikan lumba-lumba/paus). Oke kita asumsikan sekarang agan telah berada di WAKATOBI.
\o/ WELCOME \o/

Wisata apa saja yang dapat dinikmati di WAKATOBI?
Tempat apa saja yang seru untuk dikunjungi di WAKATOBI?

Berikut saya kasih list beserta foto2nya (catatan foto2 ini bukan foto ane dan juga bukan foto yang ane ambil di lokasi, ane gak punya kamera :-( ):

1.Pulau Hoga, pulau ini berada di dekat pulau kaledupa..dan merupakan salah satu pulau terbaik yang pernah ane kunjungi selama ane hidup, pulau ini sangat asri dan sejuk, banyak pohon kelapa dan pohon pinusnya, telah dibuat jalan setapak yang menghubungkan seluruh pulau yang kanan kirinya dibangun cottage2 pondokan bergaya rumah adat Buton. Pokoknya keren full





2.Pulau One Mobaa, pulau ini terakhir ane kunjungin saat masih bocah, kesan yang ane tangkap saat berada disana adalah ‘hawaii’ soalnya ombaknya di pantainya agak kencang2 dan ane liat beberapa surf board disamping cottage2 orang bule. Sayang ane gak sempat liat tu bule-bule beraksi.


3.Pantai waha, jujur ane belum sempat pergi, tapi denger2 keren juga loh (info lebih lanjut googling aja ya)


4.Upacara adat Kabuenga, upacara cewek-cowok mencari jodoh, nah ini salah satu favorit muda-mudi disana, khususnya yang jomblonya sudah senior (note: cewek-cewek wanci cantik2 loh). Cerita yang berkembang mengenai latar belakang upacara kabuenga ini adalah, karena cowok2 zaman dulu yang notabene pelaut-pelaut, sulit mencari waktu untuk bersosialisasi hingga sulit mencari jodoh. Oh iya, salah satu ‘produk’ upacara kabuenga adalah pasangan Zaskia adya mecca dan Hanung bramantyo (doi2 pernah ke WAKATOBI loh). Waktu diadakannya upacara ini ane lupa, tp moga aja agan2 yang ke WAKATOBI bisa dapet..hehe Ini dia contoh lain pasangan di upacara tersebut.



cewek-cewek bule juga ikutan gan ^^b



5.Pemandian goa kontamale, bosan dengan laut? Agan2 bisa mencoba yang satu ini, kontamale adalah pemandian/danau/telaga/mata air (apa sih namanya) yang berada dalam goa karang (wanci emang dikenal sebagai pulau karang), airnya dingin dan tawar (masih ada sedikit2 asin sih). Sebenarnya ada banyak mata air2 seperti ini di wanci tapi yang paling terkenal adalah di Kontamale




6.perkampungan bajo mola, jujur ane belum kesana, tp dengar2 unik loh, orang2 bajo kan terkenal tinggal di atas laut, dan perkampungannya mereka ini juga tidak jauh2 dari laut (info lebih lanjut googling aja ya)

Day 1,969, 21:13by Vigoroth Punk




7 Dan masih banyak yang lain, hehe 
gimana gan? Tertarik untuk merasakan pengalaman ane di WAKATOBI? Biaya penginapan ane dengar2 berkisar antara 100-300 ribu, mulai dari homestay sampai penginapan bintang 2 (ane gak tau pasti jumlah pas nya, karena ane sering nginap di rumah famili). Kalo mau yang lebih mewah ada juga kok, tapi yang pasti lebih mahal, cek aja di internet..hehe

Mengenai makanan gak usah di tanya lagi, yang pasti enak dan unik. Beberapa di antaranya:
1.luluta, nasi ketan yang dimasukkin ke dalam bambu, trus dibakar.
2.parende, sop ikan rebus khas WAKATOBI

3.kasoami (makanan ini sering dimakan sebagai pengganti nasi, terbuat dari ubi+?+?, bentuknya kayak limas/kerucut/apalah namanya yang penting mirip gunung)
4.sambal colo-colo (sambal mentah, disebut colo-colo mungkin karena kalo ambilnya mesti di colok gitu di mangkoknya, hehe)
5.epu-epu (kue kesukaan ane nih, bentuknya kayak bulan sabit, dengan isinya kelapa parut+gulamerah+kacang tanah)
6.karasi (kue yang berbentuk dadar gulung tapi tapi bahannya beda dan cara masaknya jg beda)
7.cucur (cucur juga ada loh, cucur tau kan)
 ne rasa itulah semua yang bisa ane paparkan mengenai WAKATOBI, dan tentunya masih ada banyak lagi hal2 menarik/indah/amazing yang luput dari pengamatan ane, karena keindahan alam/budaya nya yang amazing, tak heran kalau Nadine Chandrawinata mau mempromosikannya sebagai Duta Wisata WAKATOBI. Oh iya denger2 sudah di bikin film yang mengambil setting di WAKATOBI loh, judulnya mirror never lies




sudah ya…..
Assalamu alaikum

1 comment: